Program Pemberdayaan Masyarakat Kerjasama Syahbandar Utama Belawan Dengan BP2IP Malahayati

Belawan.Mashuri.Info. Kesyahbandaran Utama Belawan bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati melaksanakan program Pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat nelayan, Rabu (27/2) sekira pukul 09.00 Wib tepatnya di Terminal Penumpang Bandar Deli Jalan Pelabuhan lama nomor 1 Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan, Medan Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut atas diterbitkannya Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut No UM.003/106/7/DJPL-18 tanggal 30 November 2018 tentang pelaksanaan sertifikasi dan buku pelaut kapal penangkap Ikan, Kapal Layar motor atau kapal yang dibangun secara tradisional.

Dalam wawancaranya, Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo menjelaskan bahwa ini kegiatan training BST, AFF dan SAF yang merupakan latihan dasar ketrampilan pelaut.

“Kita laksanakan selama 3 hari, untuk teori 1 hari dan prakteknya 2 hari. Perencanaan peserta target awal 1000 orang, namun animo masyarakat Medan begitu besar hingga peserta mencapai 1500 orang,” jelas Sugeng Wibowo.

Menurut Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan, untuk hari pertama dan sekaligus gelombang I sekitar 750 orang yang dilakukan tes awal yaitu tes buta warna dan dilanjutkan dengan data dokumen sertifikasi. Sedangkan untuk peserta yang lainnya pada gelombang ke II direncanakan bulan Maret 2019.

“Kegiatan ini diperuntukkan yang paling utama untuk para nelayan khususnya warga tidak mampu, guna menambah keterampilan melaut yang nantinya bisa menjalankan fungsi keselamatan pelayaran,” lanjutnya.

Sugeng juga menambahkan bahwa program pemberdayaan masyarakat menambah ilmu pelayaran, guna mencegah dan antisipasi kecelakaan dilaut.

“Dengan adanya pemberdayaan ini, masyarakat lebih cepat berkoordinasi dan diajarkan juga tentang jiwa-jiwa kebersihan dilaut, supaya tidak sembarang membuang sampah di laut,” Ucap Sugeng mengakhiri.

(Endang)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.